Rabu, 18 Januari 2017

Cara Mudah Bersihkan Tumpahan Oli

Oli yaitu komponen yang sebenarnya beresiko bila tercampur dengan bahan lain. Satu liter oli motor misanya, bisa mencemari 250 ribu galon air minum. Karenanya, memakai oli mesti lewat cara yang benar.

Tetapi bila satu waktu oli tumpah, umpamanya waktu ganti oli kendaraan, jadi janganlah dilewatkan demikian saja. Pasalnya, makin lama oli melekat di benda atau permukaan lantai, jadi bakal makin susah untuk dibikin bersih.

1. Serap oli

Pakai benda apa pun untuk menyerap oli. Satu diantara bahan yang gampang digunakan yaitu handuk atau tisu. Namun supaya lebih ekonomis, tumpahan oli dapat diserap gunakan pasir, bedak, abu, tanah lempung, atau product penyerap oli.

Tekan-tekan bahan penyerap oli itu. Janganlah dilap lantaran bisa bikin noda oli malah makin meyebar. Tunggulah sampai sebagian jam.

2. Buang bahan penyerap

Kemudian, buang bahan penyerap yang dipakai untuk menyingkirkan cairan oli tadi. Bila gunakan pasir, selekasnya disapu serta masukan kedalam tempat sampah.

Bila oli yang perlu dibuang cukup banyak, sebaiknya buang oli tersebut di wadah spesial, umpamanya kaleng limbah. Kaleng limbah spesial umumnya miliki lubang hawa supaya bahan penyerap bisa lebih kering.

3. Semprotkan sabun serta air panas

Sesudah bahan penyerap dibuang, jadi langkah setelah itu yaitu menyemprotkan sabun ke atas benda yang tertempel oli tadi. Terkecuali sabun, dapat juga gunakan gemuk yang umum digunakan untuk melicinkan mesin kendaraan.

Lalu, siram air panas serta campur ke sabun atau gemuk tadi. Tuangkan sampai sabun tutup semua noda sisa oli.

4. Sikat

Sisi ini yaitu yang paling memerlukan usaha yang besar. Pakai sikat yang kaku sampai sabun keluarkan banyak busa.

Tetapi butuh diingat. Bila oli tumpah ke permukaan beton, jadi janganlah gunakan sikat kawat lantaran materialnya yang sangat keras dapat mengakibatkan kerusakan permukaan.

5. Serap

Sesudah disikat, tunggu sampai sekira 10 sampai 60 menit. Kemudian, serap kembali dengan pasir atau tisu atau busa.

Langkah yang benar yaitu dengan ditekan, bukanlah digosok. Apabila masihlah susah diangkat, encerkan kembali dengan air hangat atau panas. Butuh diingat, jangan pernah air ini mengalir ke tanah lantaran ini yaitu limbah.

6. Ulangi

Bila sampai step kelima masihlah ada bercak oli, jadi lagi kembali step 1-5 dua ata tiga kali. Bila memanglah masihlah tampak nodanya, jadi bersihkan dengan product spesial yang memiliki kandungan alkalin. Bahan ini bisadidapat di toko material.

Sumber : Liputan6

Baaca Juga :
http://palingasik.id/jalur-pendakian-gunung-semeru-via-ranu-pane-puncak-mahameru/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar