Senin, 09 Januari 2017

Menakjubkan, NASA Potret Bumi dan Bulan dari Mars

Pesawat antariksa NASA kembali melaunching photo mengagumkan mengenai Bumi. Kesempatan ini Bumi serta satelit alaminya, Bln., dipotret dalam bingkai yang sama.

Photo itu di ambil oleh Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) dari Mars dengan memakai kamera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) pada 20 November 2016. Menurut petinggi NASA, ketika itu Mars serta Bumi berjarak 205 km..

Diambil dari Space. com, Minggu (8/1/2017), potret mengagumkan itu sesungguhnya adalah paduan dari dua photo terpisah.

" Pandangan paduan itu tetaplah menjaga posisi yang benar serta ukuran dari dua tubuh (Bumi serta Bln.) yang relatif sama keduanya, " catat petinggi NASA dalam gambaran gambar yang launching pada 6 Januari 2017.

" Jarak pada Bumi serta Bln. sekitaran 30 kali diameter Bumi. Bumi serta bln. terlihat lebih dekat di photo ini lantaran dalam penilaian itu ditata waktu Bln. nyaris pas ada di belakang Bumi, dari titik pandang Mars, untuk lihat segi Bumi yang menghadap Bln.. "

Potret yang baru launching itu cukup tajam untuk membuka perincian ukuran benua di Bumi. Menurut petinggi NASA, dalam photo itu bisa tampak benua Australia.

MRO di luncurkan pada 2005 serta meraih orbit Mars pada 2006. Dalam satu dekade paling akhir, misi bernilai US$ 720 juta itu sudah pelajari geologi serta iklim Mars serta mencari sinyal ada kesibukan air di permukaan planet.

Diluar itu MRO juga sediakan jalinan komunikasi vital pada robot yang ada di permukaan Mars, Curiosity, dengan tim ingindalinya yang ada di Bumi. MRO juga menolong peneliti untuk mengevaluasi ruang mungkin untuk mendarat untuk misi robot serta manusia di hari esok.

MRO sampai sekarang ini tempati orbit melingkar serta ada 250 sampai 316 km. diatas permukaan Mars.

Sumber : Liputan6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar